• SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI_SEMOGA APA YANG ANDA CARI DAN BACA BISA MENAMBAH PENGALAMAN & ILMU PENGATAHUAN ANDA,,,,!!!!
  • Kamis, 27 September 2012

    Membuat aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIMAK).




    BAB I

    PENDAHULUAN

    1.1   Latar Belakang
    Beberapa masalah dalam berbagai bidang selalu sejalan dengan berkembangnya arus informasi dan globalisasi serta kecakapan manusia (Brainware) dalam menilai masalah yang ada hubungannya dengan bidang tersebut. Dalam mencari solusi dari berbagai masalah yang timbul tentunya diperlukan suatu informasi yang akurat, dan dapat mendukung dari berbagai segi yang meliputi permasalahan tersebut. Informasi yang baik membutuhkan suatu metode yang tepat sesuai bidangnya dalam mengolah data seperti halnya informasi KRS, KHS dan lain-lain di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok.

    STMIK Lombok yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi komputer yang ada di Lombok Tengah, dimana letak kampusnya cukup strategis yaitu sekitar 1 (satu) kilometer dari jantung Kota Praya. Namun dalam pengolahan data di akademik, STMIK Lombok masih menggunakan sistem manual atau dengan kata lain masih menggunakan microsoft office dalam mengolah datanya.
    Melihat hal itu, penulis berinisiatif membuat suatu aplikasi khusus untuk mengolah data akademik seperti KRS, Nilai, Biodata Mahasiswa dan KHS, agar data terpusat dalam database sehingga nantinya data yang dibutuhkan lebih cepat tersaji sesuai yang diinginkan tanpa harus membongkar arsip lagi.

    1.2   Rumusan Masalah
    Dari uraian latar belakang di atas dapat penulis rumuskan suatu permasalahan yakni ”Bagaimana merancang dan membuat aplikasi khusus untuk menangani masalah data yang diolah di akademik STMIK Lombok Praya”

    1.3   Batasan Masalah
    Agar permasalahan tidak meluas dan mempermudah dalam pembahasan, maka perlu diberikan batasan-batasan sebagai berikut :
    1.      Membuat aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIMAK).
    2.      Hanya data yang berhubungan dengan Biodata mahasiswa, KRS dan KHS
    3.      Menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0

    1.4   Tujuan Penelitian
    -         Memperlancar dan mempermudah pengolahan data dan penyajian informasi untuk mahasiswa khususnya dan akademik umumnya.
    -         Agar data lebih terpusat dan terkontrol dengan database.
    -         Secara akademik sebagai sebagian syarat untuk mencapai kebulatan studi program strata satu (S1) jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok Praya.
    -         Sumbangsih kepada almamater tercinta

    1.5    Manfaat Penelitian
    -         Diharapkan dapat bermanfaat bagi penerima informasi sesuai yang diharapkan.
    -         Merupakan sumbangan fikiran dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu komputer.
    -         Mempermudah pihak akademik dalam mengolah dan mendapatkan informasi.
    -         Untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh di masa perkuliahan.


    2 komentar: